Menu Tutup
cara mengetahui kamera cctv rusak

Bingung Kamera CCTV Rusak? Lihat Cara Memperbaikinya !

Kamera CCTV Rusak? Terkadang hal ini sering terjadi, tanpa ada tanda-tanda yang harus kita perhatikan seperti suara BEP atau lain sebagainya.

Memasang kamera CCTV memang banyak manfaat baik untuk kita, salah satu nya mempermudah kita untuk memantau di suatu. Sudut rumah atau aset-aset berharga yang kita miliki, namun masih banyak lagi manfaat yang akan kita rasakan setelah memasang kamera CCTV.

Kamera CCTV senantiasa akan merekam seluruh aktifitas tanpa ada halangan sedikitpun, dengan rekamanan kamera CCTV kita lebih mudah mendapatkan bukti autentik. Nah terkadang kamera CCTV harus mendapatkan perhatian secara berkala.

5 Penyebab Kamera CCTV Rusak

Bahkan, kadang CCTV bisa saja mati tanpa kamu ketahui. Berikut ini ada beberapa penyebab CCTV rusak dan tiba-tiba mati, serta cara mudah untuk mengatasinya. Yuk, disimak!

#1. Adaptor atau Power Supply Mati

Power supply merupakan sumber listrik kamera CCTV. Jadi, jika power supply rusak atau mati, tentu saja CCTV akan mati juga.

Kamu bisa gunakan alat avometer terlebih dahulu untuk mengecek kondisinya. Jika adaptor memang mati, gantilah dengan yang baru.

#2. Kamera CCTV Rusak atau Mati

Saat kamera CCTV rusak, maka gambar dari DVR menuju monitor juga otomatis akan mati, sehingga tidak ada rekaman yang tersimpan.

Namun, apabila fitur infra merah pada CCTV masih hidup, maka yang rusak hanyalah kameranya saja. Solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan membawanya ke tukang servis agar dapat dicek dan diperbaiki.

#3. DVR Rusak atau Mati

Alat ini merupakan bagian yang penting dari CCTV. Jika DVR tak berfungsi dengan baik, maka sistem CCTV juga tidak akan berjalan dengan baik.

Bila DVR sudah mati, segera bawa ke tempat servis untuk memperbaikinya. Jika ada budget lebih, kamu bisa menggantinya dengan yang lebih baru.

#4. Port Konektor Rusak

Jika kamu sudah mengecek adaptor, kamera, DVR, dan ketiganya sudah tidak bermasalah, namun monitor tetap tidak ada gambarnya, cobalah untuk cek keadaan port konektor yang terdapat pada DVR.

Pindahkan ke port lain yang masih berfungsi, jika CCTV berjalan seperti sedia kala, maka port konektornya yang rusak.

Untuk sementara kamu bisa gunakan port lain tersebut, tapi ada baiknya kalau kamu menservis port konektor yang rusak agar bisa berjalan seperti sedia kala lagi.

#5. Kabel CCTV Putus

Jika empat aspek di atas masih berjalan dengan normal semua, maka bisa jadi kesalahan terdapat pada kabel CCTV. Kabel bisa saja putus karena digigit tikus atau kualitasnya yang memang tidak bagus. Jika kabel sudah putus, belilah kabel baru untuk menggantinya.

Walau tampak mudah, merawat CCTV itu memang cukup merepotkan. Daripada kamu pusing masalah servis CCTV, Focus CCTV Prabumulih bisa menjadi Solusi paling tepat untuk Anda.

Butuh Bantuan?

Tidak perlu repot-repot menelepon sana-sini atau membawa mesin CCTV, kamu bisa menghubungi langsung teknisi Focus CCTV dengan senang hati kami akan memberikan solusi dan kami berkomitmen menghadirkan produk-produk yang tebaik & berkualitas.

Semoga Informasi CCTV ini dapat memudahkan & membantu Anda, Salam Focus CCTV Prabumulih.